Awal Mula Emoticon

Posted: Februari 24, 2009 in internet
Tag:

emoticon Pada 19 September 1982  Scott Fahlman (Professor Ilmu Komputer di Univ. Carnegie Mellon) pada bboard (bulletin boards) CMU CS membuat pesan dengan rangkaian karakter yang menunjukkan sebuah ekspresi, sehingga tanggal tersebut menjadi awal kelahiran smiley di dunia maya.

Smiley yang pertama kali hanya berupa rangkaian karakter ASCII seperti ini,🙂 . Karena bentuknya jika dilihat dengan memiringkan kepala ke kiri terlihat seperti wajah yang sedang tersenyum, maka disebutlah sebagai smiley/smilie.

Setelah sekian lama tidak diketahui khalayaknya, akhirnya pesan bersejarah tersebut berhasil ditemukan oleh Jeff Baird dkk pada 10 September 2002 dari tempat backup berupa pita penyimpanan spice vax (cmu-750x) yang pernah digunakan pada antar tahun 1981-1983. Berikut ini petikannya:

19-Sep-82 11:44    Scott E  Fahlman             :-)
From: Scott E  Fahlman <Fahlman at Cmu-20c>

I propose that the following character sequence for joke markers:

:-)

Read it sideways.  Actually, it is probably more economical to mark
things that are NOT jokes, given current trends.  For this, use

:-(

Hanya dalam hitungan bulan penggunaannya telah menyebar melalui ARPANET (internet pertama kali) dan Usenet. Berbagai variasi karakter pembentuk smiley mulai berkembang dan dibuat oleh Scott dkk.

Kehadiran smiley/emoticon yang tepat dapat membantu pembaca blog untuk mengekspresikan perasaan pada komentar yang mereka tulis dengan lebih menarik. Begitupun untuk penggunaan pesan email, chat, forum, situs jejaring sosial dan layanan lainnya.

Pembaca yang lain juga menjadi mudah untuk menangkap emosi penulis, mencegah kesalah pahaman yang sering terjadi saat si penulis ingin membuat joke (candaan) tapi disalah artikan sebagai penghinaan oleh pembaca yang lain.

Penggunaan smiley ini sudah menyebar luas pada tahun 80-an dan menjadi budaya sosial di dunia maya. Dan sampai saat ini masih banyak dipakai, tapi dengan wujud yang berbeda-beda dan ekspresi yang semakin beraneka ragam. Bentuk smiley dari rangkaian teks sekarang banyak yang diganti dengan gambar kecil/icon, dari situlah muncul sebutan baru, yaitu emoticon (emotion icon).

tabel-emoticon

Sebenarnya smiley bulat berwarna kuning seperti di atas muncul lebih dulu, kemunculan pertama kalinya di dunia nyata bukan di dunia maya. Penciptanya adalah Harvey Ball seorang seniman komersil di Worcester, Massachusetts.

Ball mendesain gambar tersebut pada tahun 1963 untuk perusahaan asuransi State Mutual Life, yang ingin membuat kampanye internal untuk meningkatkan moral kerja para pegawainya. Ball tidak pernah mematenkan bentuk tersebut sehingga menjadi milik publik dan sering digunakan diberbagai kesempatan. Bahkan popularitasnya sampai keluar AS.

Hingga pada tahun 1971 seorang jurnalis asal Perancis bernama Franklin Loufani mematenkan logo smiley yang diberi nama Smiley World. Dengan nama tersebut dia menjual lisensinya di Eropa. Logo tersebut sudah digunakan oleh 100 lebih negara dan 25 jenis produk barang dan jasa. Harvey Ball mendirikan perusahaan World Smile dan akhirnya mematenkan hasil karyanya dulu pada tahun 1999. Keuntungan dari penjualan lisensi akan disumbangkan untuk membiayai yayasan amal World Smile Foundation.

Ok, jika Anda Ingin mendapatkan jenis smiley/emoticon ? Silakan kunjungi beberapa situs berikut ini yang emoticon-nya bisa langsung Anda pakai.

Smiley klasik (teks):

Smiley biasa:

Smiley spesial :

Smiley beranimasi:

Jika ingin baca lebih lengkap Anda bisa mengunjungi sumbernya langsung dengan klik disini. 🙂


Komentar
  1. fajarseraya mengatakan:

    hebat bos..udah ampe bahas emotion gini…salut saya

  2. Windu mengatakan:

    Wah sejak ’82 ya?. Kirain baru2 saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s