Evaluasi setelah 3 bulan

Posted: Januari 28, 2009 in Blog
Tag:,

Nggak terasa sudah 3 bulan gue ngeblog, tepatnya dari tanggal 18 Nopember 2008 sejak gue pertama kali buat postingan di WordPress ini. 44 postingan sudah publish, dari yang bersifat personal, software, opini maupun materi tentang SEO yang saat ini sedang ingin gue geluti dan pahami.🙂

Pada awalnya blog ini gue buat hanya sekedar aktualisasi diri untuk “mencoba lebih berarti” tapi dalam perkembangannya gue juga mencoba untuk monetize blog ini. Meski masih belum maksimal karena beberapa faktor seperti :

  1. Blog gratisan, WP.com tidak bisa edit template dan tidak menerima kode javascript (selain widget yang telah disediakan) sehingga terbatas hanya beberapa program monetize yang bisa diikuti. Mungkin ke depannya gue akan mencoba dengan hosting berbayar dengan domain .com dibelakang nama masdoo😛 .
  2. Sudah banyak pakar SEO, banyak blogger yang mengangkat tema yang sama sehingga kecil peluangnya buat newbie seperti masdoo.
  3. Keterbatasan dari diri gue pribadi untuk membuat postingan yang bermutu, no comment 😛

Traffic

Pengunjung masih jarang, rata-rata 10 kunjungan per harinya, jumlah itu termasuk kunjungan gue ke blog yang minimal 2x sehari untuk me-reply komentar dan melihat hasil postingan😀 .

Traffic meningkat semenjak gue submit beberapa artikel gue di web social bookmark seperti infogue.com, tapi katanya hal itu juga berimbas negatif ke blog, karena nantinya search engine Google akan diperbarui cara pencariannya sehingga akan menghapus postingan yang sama atau mirip kontennya dari daftar pencarian.

PageRank

PageRank masih belum bergerak dari tingkat dasar alias 0. Seperti yang kita ketahui bahwa PageRank ini (selanjutnya PR aja ya) menentukan posisi blog kita di mesin pencari. Semakin tinggi PR suatu blog maka kemungkinan besar akan berada di halaman pertama dari mesin pencari.

Dari beberapa blog yang gue baca, ada beberapa hal yang menyebabkan PR belum beranjak dari 0, yaitu :

  1. Backlink masih sedikit, perbanyaklah tukeran link dengan blog yang sudah ber PR tinggi, meski mungkin agak susah karena berakibat menurunkan PR buat blog yang udah tinggi tsb. Sering komentar yang positif dan sesuai tema saat blogwalking juga katanya bisa menambah backlink, meski ada juga blog yang setingan comentnya nofollow. (masalah dofollow dan nofollow ini gue juga masih belum paham..🙂 ). Bisa juga mendapat backlink dengan membuat beberapa blog yang saling nge-link satu sama lain, tapi untuk saat ini gue belum sanggup, khawatir gak bisa maintainnya.
  2. Inbondlink lebih kecil daripada Outbondlink, maksudnya lebih banyak mana antara link yang masuk dengan yang keluar. Jika banyak link yang masuk (postingan di blog kita banyak yang ambil sebagai sumber) maka secara otomatis PR blog akan naik dengan sendirinya. Begitupun sebaliknya, jika lebih banyak link  yang keluar maka jangan harap PR akan naik.
  3. Ikut program Text Link Ads atau TLA, paid review, dll yang bisa berakibat PR blog kita tidak beranjak dari 0. Gue sendiri masih belum paham kenapa ikut program di atas bisa berakibat PR blog gak naik, bahkan bisa turun bagi yang sudah tinggi PR nya.

Materi Posting

Menurut gue pribadi, selama ini materi postingan blog gue beberapa memang masih sering copypas dari blog lain, yang tentunya sudah mengalami perubahan dengan gaya penulisan gue dan tidak lupa sudah gue sertakan sumber link nya. Untuk kedepannya akan diusahakan tidak copypas lagi, amin.🙂

Nah, kira-kira dari hasil evaluasi di atas, teman-teman merasa ada hal-hal yang perlu diperbaiki atau ditambahkan di blog ini ? Saya tunggu ya komentar dan koreksi dari Anda dan sebelumnya masdoo ucapkan terima kasih. 😀

Komentar
  1. Arif Nofiyanto mengatakan:

    tenang mas, si dony tu dah bikin blog baru wp diluar wp. sabar aja, ntar juga naek kok🙂

    yang perlu diperbaiki? kurang lebihnya dah cukup, cuman rasanya kok kebanyakan image adverstise yoo

  2. masdoo mengatakan:

    hmm..image advertise? mungkin referral ya? iya sih..awalnya aq tampilkan hny utk biar rame dan colourfull …hehe😀 .. thx 4 ur advice bro 🙂

  3. skywalker mengatakan:

    ada backlink gratis yang powerfull di dunia ini lho masdoo.
    Dan semua orang pasti pernah akses kesana.

    “Wikipedia”, iya betul wikipedia, daftar aja dulu jadi penulis wikipedia, trus kita tulis dulu (yg agak panjang tentunya) tentang satu topik tertentu di blog kita trus masuk ke situs wikipedia di artikel yang sama dengan topik kita.

    edit sedikit artikel wikipedia tersebut dan tambahkan situs kita di daftar pustakannya.

    contoh seperti blog kehamilanku yang aku taruh jadi daftar pustaka di http://id.wikipedia.org/wiki/Kehamilan

    aku nulis dari juni 2008 tertatih-taih dari 10 orang sehari, 100 orang sehari, 300 orang sehari hingga per hari ini page view per day (menurut mybloglog) sudah di level 3000 per hari. monetizenya udah lumayan. tapi tampilan blogku minimal🙂

  4. Brandal Surga mengatakan:

    Weleh..ngapain nama gw dibawa2 tanpa ijin?
    Sedikit masukan aja sih :
    -Terlalu rame banner affiliasi
    – Belajar lebih rajin yaa…
    …LOL… (sok pinter banget gw…)

  5. masdoo mengatakan:

    wah thx infonya bro…😀 tambah ilmu neh …🙂 cari topik yang sesuai dan buat artikelnya… boleh dicoba… once again..thx 🙂

  6. […] Terakhir masdoo di Evaluasi setelah 3 bulan Brandal Surga di Evaluasi setelah 3 bulan skywalker di Evaluasi setelah 3 bulan Evaluasi […]

  7. masdoo mengatakan:

    wah gak ikut-ikut gw soal nama elo..😛 thx bro… ntar gw ilangin deh.. kaya smorty tuh yg menolak .. hehe🙂

  8. aimyaya mengatakan:

    Hehehe
    0 + 0 = 0…

    tapi kali aja nanti jadinya :
    TAKUT + TAKUT = 2 x 1/2 TAKUT…😀

    btw.. link nya sdh ok.

  9. Gamezined mengatakan:

    semangat bro.. web gue juga masih PR 0.. hehe

Tinggalkan Balasan

