Pineview atau Medfield? Penerus Intel Atom

Posted: Januari 23, 2009 in Hardware
Tag:

intel Jika Anda mengira bahwa netbook dengan prosesor  Atom sudah cukup canggih, anggapan itu dipastikan  akan  berubah, karena Intel berencana akan  meluncurkan  generasi baru sebagai pengganti  dari Intel Atom

 Dalam hal ini gue belum tahu yang mana yang akan dirilis  duluan oleh Intel, karena ada 2 sumber berbeda yang memberitakan bahwa Pineview atau Medfield sebagai penerus Intel Atom.

Pineview akan dirilis pertengahan tahun 2009

Intel berencana untuk meluncurkan generasi baru dari CPU Atom dengan kode nama Pineview di pertengahan tahun 2009. Pineview akan datang dalam dua versi, single core yang menargetkan segmen netbook dan dual-core yang menargetkan segmen nettop. 

Pineview akan diproduksi dengan prosesor 45nm, sudah mengemas fungsi-fungsi northbridgememory controller dan IGP. Dikombinasikan dengan southbridge Tiger Point yang baru, platform netbook baru ini akan dinamakan Pine Trail-M yang akan dijual dengan harga yang bahkan lebih murah lagi dibandingkan Intel Atom saat ini

Dibandingkan platform Atom N270, desain Pineview yang sudah mengintegrasikan southbridge dengan CPU dapat mengurangi ukuran motherboard hingga 60%, dari 2.174 mm persegi (N270) menjadi 773 mm persegi, memungkinkan pembuatan produk PC portabel yang berukuran lebih kecil. 

Pineview juga akan menggunakan desain PCB empat lapis menggantikan enam lapis untuk menekan harga produksi. Pineview akan memiliki clock speed yang lebih tinggi dari Atom N270 (1,6GHz) dan mendukung memori yang lebih cepat, naik dari DDR2 533 menjadi DDR2 667. 

Walaupun Pineview tetap akan menggunakan GPU GMA 950 yang menurut nVidia tidak memberikan kinerja yang memuaskan, frekuensi inti dari GPU tersebut akan ditingkatkan dari 133MHz menjadi 200MHz. 

Dari segi konsumsi daya, Pineview juga sedikit lebih baik dari Atom, memiliki TDP maksimum 7 Watt, turun dari 8 Watt dengan konsumsi daya rata-rata hanya 2 Watt. CPU ini juga dapat digunakan tanpa memerlukan bantuan kipas pendingin

Medfield akan dirilis Tahun 2010

Sedangkan Medfield dijadwalkan akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2010, prosesor ini berukuran 32nm dan merupakan penerus Lincroft, bagian dari platform Moorestown. Rencananya, Medfield akan diluncurkan dalam satu paket alias system on chip, tidak seperti Moorestown dan Menlow yang memiliki CPU + chipset.

Medfield akan terdiri dari dua varian, satu dengan grafis tingkat handheld dan satunya dengan grafis netbook yang bentuknya lebih gemuk. Sayangnya tidak disebutkan detail tentang apakah akan ada GPU di setiap prosesor ini, tetapi diperkirakan varian netbook akan menggunakan versi dari GPU terintegrasi Intel yang ada sekarang, sedangkan versi handheld akan tetap memiliki inti PowerVR.

Jika melihat waktu rilisnya kemungkinan Pineview yang akan keluar terlebih dahulu dibandingkan Medfield. So, harap sabar menunggu.🙂

Postingan ini bersumber dari Udaramaya mengenai Pineview, Penerus Intel Atom Lebih Cepat, Lebih Kecil  dan dari Biskom mengenai Medfield, Penerus Atom dari Intel.

Komentar
  1. Arif Nofiyanto mengatakan:

    makin keren aja prosesor jaman sekarang dan kantong makin ga bisa ngejar :(( huaaaaa

  2. masdoo mengatakan:

    thx bro arif 4 ur comment… ditunggu aja kehadiran prosesor baru dr intel..🙂

  3. mican mengatakan:

    enggak mahal kok dibanding proc i7 ato core2d. vanbook ane n270 beli 3th. eh keluar vanbook baru yg pinerail/pineview harga 2,69 murah abis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s