Download File dengan Torrent

Posted: Januari 17, 2009 in Software
Tag:

bittorrent Sudah sebulan ini gue diinfo oleh teman  sekantor ‘kalo lo mau download file musik  or film cari aja di BitTorrent‘ .

Awalnya gue masih belum paham tentang BitTorrent ini, tetapi setelah diberi penjelasan panjang x lebar lapangan bola😛 akhirnya gue mengerti juga.

Dari wikipedia, BitTorrent adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna komputer mendistribusikan sebuah dokumen ke pengguna yang lainnya melalui internet.

Keunggulan BitTorrent terletak pada kecepatan transfernya yang luar biasa. Meskipun semua tergantung pada berapa banyak pemilik file yang sedang mengkoneksikan komputernya, tetapi untuk file yang populer jangan kaget kalau Anda bisa mendownload file sebesar 5 Mb hanya dalam 1-2 menit saja (itu dengan koneksi warnet biasa) ” Wow cepat sekali !! “.

Tidak heran jika client BitTorrent amat populer dikalangan para pencari file multimedia seperti lagu dan film. Tidak sulit menemukan film-film bioskop terbaru ataupun album-album musik dalam berbagai format berkeliaran bebas di komunitas BitTorrent.

Berbagi alias sharing mungkin merupakan kata kuncinya. Ide BitTorrent lahir dari keinginan sang penciptanya, Bram Cohen, untuk ‘memberikan cara pandang baru’ pada kata sharing.

Lalu-lintas internet saat ini diseluruh dunia amatlah padat. Bayangkan jika anda memiliki suatu file atau produk yang diminati banyak orang, dan mereka berduyun-duyun mendownload dari site anda, apa yang akan terjadi? Angka 10-20 pendownload dalam satu saat mungkin masih bisa dibilang enteng, tetapi kalau puluhan ribu pendownload? Tanpa dukungan sistem yang solid, sudah dapat dipastikan bahwa sistem anda akan crash.

Konsep dasar BitTorrent adalah ‘give and take‘. Jika Anda ingin mengambil, Anda harus bersedia memberikan juga. 

BitTorrent memanfaatkan kapasitas upload dari para pendownload yang jarang digunakan. Pengguna yang mendownload file akan sekaligus menguploadnya untuk pengguna lain. Dengan begini beban yang harus ditangani oleh server utama menjadi jauh lebih ringan karena terbagi-bagi diantara para penggunanya juga. 

Pilih File yang Seeder-nya paling banyak.

Sebelum mendownload file torrent, biasanya di situs akan ditampilkan  statistik dari Seeder, Peer dan Leecher. 

Seeder adalah client yg sudah 100% memiliki file tersebut dan saat itu sedang meng-upload file yg bersangkutan. 

Peer, mirip dengan Seeder, tp belum memiliki 100% file, dengan kata lain, selain meng-upload file, peer juga masih mendownload file yg sama dr Seeder/Peer lainnya. 

Leecher, seperti namanya, adalah peer yg ‘nggak niat’ mengupload, maunya cuman ‘nyedot’ (download) aja. 

Kesimpulannya, semakin banyak seeder, semakin cepat downloadnya. Semakin banyak leecher, download bisa nggak selesai-selesai. Jika Anda menemukan file yang seeder-nya 0, lupakan aja, cari file yang lain. Seeder 0 artinya tidak ada client yang mengupload file tersebut, artinya file yang akan Anda download tidak akan pernah selesai.

Kelebihan dan kekurangannya

Dengan sistem BitTorrent, salah satu keuntungan yang bisa didapatkan adalah kecepatan transfer data. Karena secara logika, mengambil dari banyak sumber akan lebih cepat daripada mengambil dari satu sumber saja. Bukankah demikian?

Sayangnya, kenyataan tidak selalu seperti itu. Pada saat banyak orang yang mengambil suatu file yang sama, pendistribusian akan menjadi sangat cepat karena semua orang tersebut juga ikut mendistribusikannya. Ini juga berlaku bahkan untuk jaringan yang buruk. Tetapi sebaliknya, pada saat tidak ada orang yang mendownload, proses pengambilan file akan berbalik 180 derajat, apalagi jika tidak ada satu orangpun yang membiarkan file torrent-nya terbuka.

Jadi saat yang paling baik untuk mengambil file adalah ketika semua orang juga sedang mengambilnya. 

Kekurangan lainnya adalah tidak adanya kemampuan untuk melakukan pencarian. Jadi Anda harus bergantung pada search engine biasa untuk bisa mendapatkan file *.torrent.

Proses Instalasi

Proses instalasi cukup mudah, Anda hanya perlu mendownload program BitTorrent. Ukurannya sekitar 2.65MB. Setelah itu install program tersebut ke komputer Anda. 

Bagaimana? tertarik untuk mencoba? Silahkan download dulu program BitTorrent di situsnya langsung. 

Anda bisa baca-baca lebih lanjut tentang Torrent di blognya Suriyadi kategori Torrent.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s