DPR bukan PNS, tapi dapat Pensiun

Posted: Desember 23, 2008 in Opini
Tag:

Ya kali ini gue mau mengomentari tentang berita yang gue baca di harian Jawa Pos edisi Senin (22/12) tentang makin banyaknya anggota DPR yang jarang hadir di gedung dewan dan pembelaan dari salah satu anggota DPR yang bilang bahwa anggota DPR itu bukan PNS yang harus selalu ngantor tiap harinya.

Berikut ini sedikit kutipan berita dari Jawa Pos tersebut : 

Tjahjo Kumulo : DPR Bukan PNS, Tak Perlu Selalu Hadir

Tjahjo Kumulo soal Bolosnya Anggota Dewan

JAKARTA – Akhir-akhir ini gedung DPR semakin sepi dengan kehadiran wakil rakyat. Mereka melakukan persiapan untuk terpilih lagi pada Pemilu 2009, namun di sisi lain meninggalkan tugas sebagai wakil rakyat. Sudah banyak kritik terhadap performa para anggota DPR. Tapi, tak sedikit juga suara pembelaan yang muncul dari kalangan internal.

”Anggota DPR itu bukan PNS yang selalu dituntut ngantor setiap pagi,” bela Ketua Fraksi PDIP Tjahjo Kumolo di Jakarta Sabtu (21/12). Dia menyebut, DPR merupakan lembaga politik yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh rakyat.
 

kalo mau baca berita selengkapnya klik disini.

Jika anggota DPR gak mau disamakan dengan PNS yang harus ngantor tiap hari menurut gue gak masalah, karena mereka kan anggota dewan yang terhormat. Yang jadi persoalan adalah anggota DPR itu setelah habis masa baktinya menerima pensiun seumur hidup.

Kurang fair menurut gue kalo masa kerja hanya 5 atau 10 tahun dan setelah itu dapat pensiun seumur hidup. Coba bandingkan dengan pegawai honorer seperti guru yang sudah berbakti puluhan tahun dan belum juga diangkat menjadi PNS, apakah adil jika mereka gak dapat pensiun? Guru hanya diberi gelar “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa!”  Ironis! 

Belum lagi kadang ada anggota DPR yang hanya cuma sebentar menjadi anggota dewan terus mengalami PAW (pergantian antar waktu). Apa nggak membebani anggaran negara tuh? hanya untuk mbayari pensiun anggota dewan yang tentunya juga besar (wong gajinya besar).

Seharusnya anggota DPR yang sudah purna tugas itu hanya mendapat Uang Pesangon sebagai tanda terima kasih, misal 10 x gaji yang diterima selama menjabat.

Gue gak tau berapa pastinya gaji anggota DPR saat ini, tapi gue ada link tentang Berapa gaji anggota DPR yang gue copy-paste disini :

Gaji anggota DPR RI kita yang terhormat dalam sebulan adalah:

Gaji pokok : Rp. 4,2 juta
Tunjangan jabatan : Rp. 9,7 juta
Tunjangan khusus : Rp 3 juta
Tunjangan istri : Rp 420 ribu
Tunjangan anak : Rp 168 ribu
Tunjangan beras : Rp 95 ribu
Uang paket : Rp 750 ribu

Tunjangan lain-lain:
Tunjangan listrik, telpon dan PAM : Rp 2 juta / bulan
Tunjangan perbaikan rumah : Rp 20 juta / tahun
Tunjangan transportasi : Rp 70 juta / tahun
Tunjangan komunikasi intensif : Rp 3 juta /bulan
Anggaran staf pribadi : Rp 2 juta / bulan
Tunjangan sidang : Rp 150 ribu / sidang
Tunjangan panitia khusus : Rp 750 ribu / pansus
Tunjangan masa reses : Rp 150 ribu / hari + tiket pesawat
Tunjangan hotel : Rp 1,2 juta

Penghasilan tambahan:
Bisa lebih besar dari yang di atas.

 

Selaen anggota DPR, DPRD, sistem pesangon HARUSNYA diberlakukan juga kepada pejabat negara yang bukan dari struktural (halah boso opo ki😛 ).

maksudnya bukan dari intern PNS, misal seperti Wagub, wakil bupati yang dari artis, setelah selesai masa tugasnya, ya hanya dapat uang pesangon. 

Usul lagi, khusus untuk yang awalnya sudah PNS kemudian terpilih menjadi presiden (misal), setelah tidak terpilih, pensiunnya adalah jabatan terakhir  ketika yang bersangkutan sebagai PNS.

 Masuk akal gak sih usul gue ini? Gue memposting ini karena gusar dengan anggota dewan di atas, gak mau disamakan dengan PNS tapi mau uang pensiunnya ….. hehe😛 , ya mau gimana lagi, beginilah negeriku tercinta. Piss.

Komentar
  1. Brandal Surga mengatakan:

    Makanya pemilu besok gak usah ikut2an milih.
    Gak usah sok jadi warga negara yg baek.
    Pemilu hanyalah kedok bagi para pencoleng utk menasbihkan dirinya sbg pencoleng.
    Jadi?
    Daripada capek2 ikut Pemilu taon depan mending maen ama anak kan? Ato anak (gadis) tetangga…wakakaka….LOL…

    BOIKOT PEMILU 2009!!!!!

  2. masdoo mengatakan:

    yup..secara gue emang gak mungkin nyoblos buat pemilu 9 april 2009 nanti, coz gue masih KTP bekasi… sedangkan domisili dah di surabaya… mendingan bercanda dengan anak istri dirumah.. hehe😀

  3. agun mengatakan:

    anggota dpr atw dprd itu memang kampret semua

  4. jadilah pemimpin yang bertanggung jawab mengatakan:

    klu menurut aku DPR nggak usah digaji besar karena DPR kerja dan kinerja amat buruk, nggak mementingkan rakyat cuma mementingkan diri sendiri dan memperkaya diri, sedangkan DPR gunanya untuk menyalur aspirasi rakyat dan membantu masyarakat miskin dengan menyampaikan kepada kepala pemerintah gmn mengatasi kemiskinan dari 60% ke 5%, supaya masyarakat makmur dan sejahtera karena DPR adalah wakil rakyat artinya mewakili rakyat utk menyampai aspirasinya dan keluhan rakyat kepada kepala pemerintahan, tp sekarang fungsi DPR sangat nggak berarti, lebih baik DPR dibubarkan saja karena fungsinya nggak mementingkan rakyat, itu masalahnya harus dipikirkan oleh pemerintah. banyak masyarakat kita yang menilai DPR kerja dan kinerjanya amat buruk lebih kurang menilai 85% masyarakat Indonesia. banyak masyarakat nggak percaya lagi sama pemimpin kita karena pemimpin cuma memnting diri sendiri. itu yang aku sesali bagi pemimpin kita. karena jabatan adalah amat Allah akan dipertanggung jawabkan dimahkamah Allah nantinya, karena pemimpin banyak yang fasik, itu makanya seperti itu kerja dan kinerjanya karena pemimpin banyak yang berteman sama syetan dan jadi syetan yang nyata. klu pemimpin sholehah mungkin dia takut akan Allah karena kepemimpinan akan dipertanggung jawabkan di makhmah Allah.

  5. masdoo mengatakan:

    yup..akur banget… thx ya dah comment🙂

  6. HEX mengatakan:

    baru pada tau semua yakk….???
    tidak pernah ada satupun DPR/MPR yang jujur…
    hanya topeng..

    kembali ke tank-top…

  7. NN mengatakan:

    ANDA SEPERTINYA KUNYUK SEMUA,BANGSAT.HANYA PANDAI NGRUMPI TAPI PENGECUT.SAYA KEPONAKAN ANGGOTA DPRD MERASA TERSINGGUNG DGN TULISAN ANDA YANG BANGSAT INI.KALO BERANI AYO BERKELAHI SAMA GUE.

  8. masdoo mengatakan:

    wah NN emosi neh….gmana bangsa ini mau maju kalo setiap ada beda pendapat ditanggapi dg adu fisik… kalo you gak setuju dg opini sy..ya mbok membuat tulisan yg bisa membuktikan bahwa anggota dewan gak spt yg sy tulis itu…
    toh itu realita…baru jd ponakan aja dah ngajak berantem…capeee deeh…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s